Kryo Lipolyza

blognya kryo

×

5 Jenis Kayu Untuk Jasa Pembuatan Furniture Custom yang Elegan

Jasa Pembuatan Furniture Custom jakarta

Dalam membuat furniture custom, pastinya material penyusun menjadi salah satu aspek terpenting.  Kayu merupakan material yang selalu digunakan pada setiap pembangunan rumah. Entah dalam pembuatan konstruksi rumah maupun perabotan rumah tangga, pemilihan jenis kayu akan sangat berpengaruh pada lifetime atau masa pemakaian. Selain kekuatan, nilai estetika juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Maka dari itu, agar tak salah pilih, berikut akan dijelaskan 5 jenis kayu agar jasa pembuatan furniture custom Anda terlihat elegan.   

Kayu Jati, Kuat Dan Awet Sepanjang Masa

Kualitas kayu jati memang sudah tak perlu diragukan lagi. Kekuatan dan keawetannya bisa dibilang nomor wahid. Kayu jati juga tahan terhadap kondisi cuaca, kelembapan tinggi yang bisa menyebabkan kayu berjamur serta serangan serangga seperti rayap. Pada bagian dalam kayu jati terdapat semacam endapan minyak. Karena minyak alami tersebut, dalam proses pengolahannya, kayu jati bisa tahan lama walaupun tidak divernis.

Kayu jati diketahui berasal dari Burma, Myanmar. Pohon jati sendiri dapat tumbuh menjulang hingga 45 meter. Bagian batangnya besar, lurus dan berdiameter mulai dari 2 hingga 3 meter. Kayu jati seringnya diolah menjadi perabotan seperti meja, kursi, pintu dan lain-lain karena serat kayunya yang bercorak rustic.   

Kayu Merbau, Tahan Terhadap Pelapukan

Kayu yang bisa dijumpai di daerah Papua ini dapat tumbuh besar dan tinggi hingga 50 meter. Sedangkan diameter kayunya mulai dari 1,5 meter hingga 2,5 meter. Kayu merbau juara dalam pelapukan. Tak ayal,kayu merbau sering digunakan untuk kebutuhan konstruksi bangunan, dasar dari jembatan maupun tiang dan balok-balok untuk pembangunan rumah. Kayu merbau juga bisa menjadi bahan utama jasa pembuatan furniture custom sepert meubel, lantai kayu dan masih banyak lagi.  

Kayu Bubinga, Kayu Untuk Furniture Premium

Bagi pecinta furniture mewah dan kolektor alat kesenian klasik, pasti tahu mengenai kayu bubinga. Pohon bubinga tumbuh subur di daerah tropis seperti Afrika. Pohon bubinga tingginya bisa mencapai 50 meter dengan diameter kayunya sekitar 2 meter. Getah pada kayu bubinga saat pohonnya ditebang mengeluarkan bau menyengat. Jangan khawatir, aroma tak enak itu bisa hilang. Kayu bubinga dapat digunakan untuk membuat alat musik (seperti piano, kecapi dan drum) karena dapat menjaga kualitas suara yang dihasilkan.    

Tigerwood, Kayu Dengan Serat Motif Kulit Harimau

Seperti namanya, kayu tigerwood ini mempunyai serat kayu belang-belang seperti kulit harimau. Walaupun dipotong dari sisi manapun, kualitas motif seratnya sama bagusnya. Tidak seperti kayu lain yang dijual utuh per balok, kayu tigerwood dijual secara lembaran. Karenanya, harga kayu tigerwood ini terbilang mahal. Dibanding kayu jati, harga kayu tigerwood 2 hingga 3 kali lipat lebih mahal.  

Kayu Cendana, Wangi Kayunya Yang Khas

Kayu cendana selain diolah menjadi produk kerajinan seperti mebel dan perabotan rumah tangga, ternyata juga memiliki kegunaan lain. Kayu cendana memiliki aroma khas yang kuat. Keharumannya konon dapat bertahan hingga berabad-abad dan tidak ada kayu yang mampu menandingi wanginya. Maka dari itu, minyak kayu cendana sering digunakan sebagai campuran parfum atau sebagai aromatherapy. Tentunya, kayu cendana bisa menjadi pilihan material furniture custom yang dapat menampilkan sisi elegan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *